Sesungguhnya Amal itu Tergantung Pada Niatnya Kunjungi Kami!

Selagi Masih Sehat

 “Ketika kau sakit, itu artinya tidak sedang sehat. Ketika kau dalam kekacauan diri, itu artinya ketentraman hati jauh di depan mata. Tetapi, kedua hal yang bertolak belakang selalu hadir bergantian. Maka, jangan diam”.

Sore itu, menjelang maghrib, saya tiba di rumah sakit daerah. Menjenguk seseorang terbaring pasrah, sakit yang begitu lama. Sesampainya di ruangan 8 x 4 meter, tirai dibuka. Ia tampak tak seperti dulu lagi, saat saya menyaksikan kondisinya. Ia terbujur kaku, semakin kurus dan tak setegap dulu lagi. Memori ingatan masih jelas, saat ia masih sehat, memegang mic untuk mengayomi masyarakat. 

Ia sudah tua, sakit dan hukum Allah tak bisa dihindarkan. Termenung bagi saya, bahwa kesehatan adalah amanah (pemberian) yang harus dijaga dengan sebaik-baiknya. Saat sedang sehat, maka suatu saat nanti pasti akan menua, atau sakit-sakitan oleh perjalanan waktu. Selalu tak ada manusia sempurna sehat selamanya.

Selagi; muda, sehat, memiliki waktu, lapang dan hidup, maka teruslah mengabdikan hanya kepada Dzat yang Maha Kaya. Alangkah indahnya hidup bagi mereka yang merasakan nikmatnya iman, nikmatnya ibadah kepada Allah SWT. Begitu indahnya, bila akhirat menjadi tujuan utama. Tapi dosa, menjadikan tuli dan mati rasa bagi hati. Akibatnya, ia terpikat dengan keindahan dunia, wanita, harta, jabatan, anak dan zinatud dunnya. 

Melihat sekitar, yang tua satu persatu telah “pulang kembali”. Yang muda menggantikannya. Atau justru dalam dunianya sendiri. teruslah berbuat, meski dunia tidak sedang baik-baik saja. Mengetahui yang benar tidak cukup dianggap sebagai orang baik. Mengamalkan bagi diri sendiri pun tak cukup. Perlu mengajak, bahkan mungkin akan dibenci dan dihina di hadapan manusia. Bersyukurlah selagi masih sehat. 



About the Author

Master of Psychology | Writer | Content Creator | Adventurer

1 komentar

  1. Kebersyukuran sangatlah penting untuk merawat hati dan pikiran agar senantiasa merasakan manisnya ibadah kepada Allah, SWT.
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.